Translate

Senin, 21 Januari 2019

Tulisan Essai: Peran Pemuda Dalam Pelestarian Cagar Budaya Berbasis Masyarakat Sebagai Wujud Bela Negara Bagi Bangsa Indonesia



PERAN PEMUDA DALAM PELESTARIAN CAGAR BUDAYA BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI WUJUD BELA NEGARA BAGI BANGSA INDONESIA

Sub tema : Realisasi Bela Negara di Kalangan Kaum Muda
Dalam rangka mengikuti Lomba Esai Pekan Intelektual Bidikmisi (PIB) 2018
Yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi UPNVJ




Oleh. Hafid Rofi Pradana

Pendahuluan
Latar Belakang

Generasi muda Indonesia adalah tulang punggung negara, calon pemimpin masa depan bangsa serta pelestari cita-cita para founding fathers bangsa Indonesia. Di era millenial saat ini permasalahan bangsa semakin kompleks, oleh karena itu generasi muda Indonesia masa kini harus senantiasa meningkatkan produktivitas dan daya nalar kritis dalam menghadapi permasalahan kompleks tersebut.

Selain itu sikap patriotisme, nasionalisme dan cinta tanah air harus ditanamkan dan diamalkan betul oleh generasi muda sebagai identitas warga negara Indonesia. Di samping itu unsur sinergitas dan kerjasama merupakan salah satu unsur penting keberhasilan pemuda Indonesia dalam menghadapi permasalahan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dari segala ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sejarah mencatat bahwasannya generasi muda Indonesia mempunyai peran andil yang besar terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia 73 tahun silam. Puncaknya pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan muda yang beranggotakan Wikana, Chaerul Saleh, Sukarni, Sayuti Melik, dan lain-lain berhasil memaksa golongan tua untuk menyepakati kemerdekaan Indonesia keesokan harinya . Hal tersebut membuktikan bahwa pemuda mempunyai peran yang sangat penting dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

Di abad ke-21 ini, perjuangan pemuda Indonesia tidak hanya sekedar menenteng senjata dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. Permasalahan bangsa yang kompleks menuntut para pemuda untuk selalu peka dan kritis dalam menanggapinya. Di sisi lain, budaya barat yang semakin gencar di era globalisasi ini berpotensi menghilangkan identitas dan jati diri pemuda Indonesia.

Mayoritas saat ini generasi muda Indonesia sudah tidak peduli dengan budaya dan kearifan lokal mereka sendiri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Bela Negara.

Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundang-undangan negara Indonesia tentang patriotisme seseorang ataupun kelompok dalam sebuah komponen organisasi. Pada dasarnya Bela Negara sudah termaktub dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi, ”Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Ada banyak implementasi dan contoh dalam Bela Negara, salah satunya adalah melestarikan kebudayaan Indonesia. Pelestarian budaya merupakan sebuah gerakan seseorang ataupun kelompok dalam melindungi dan menjaga aset-aset sejarah serta kearifan lokal negara, yang dimana salah satu macam kearifan lokal tersebut adalah cagar budaya.

Minimnya peran pemuda saat ini dalam melestarikan cagar budaya sekitar sangat disayangkan, mengingat pemuda adalah generasi masa depan bangsa Indonesia. Perlu diketahui bahwasannya cagar budaya merupakan aset sejarah bangsa yang memiliki nilai historis dan filosofis, sehingga sangat rawan untuk dirusak atau dihancurkan.

Oleh karena itu cagar budaya harus mendapatkan perhatian penuh dari seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda Indonesia.

Full Document:

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html