Translate

Kamis, 17 Januari 2019

Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangwa

0leh : Yona Fiharta
(Universitas Negeri Surabaya)

Tahukah anda jika Negara Kesatuan Republik Indonesia ini merupakan salah satu negara yang multikultur terbesar yang ada didunia, mengapa demikian?, karena hal ini dapat kita lihat dari kondisi sosial dan budaya pada masyarakatnya, serta kondisi geografi Indonesia yang begitu kompleks, beragam dan sangat luas. Yang mana Indonesia ini terdiri atas banyak kelompok etnis, budaya, agama dan lain sebagainya.

Namun perlu kita ketahui pula dengan adanya keaneragaan yang dimiliki, tidak menjadikan Negara dan bangsa ini terpecah belah, karena kita tahu jika terdapat semboyan negara “BHINNEKA TUNGGAL IKA TAN HANA DHARMA MANGWA” yang mana semboyan tersebut merupakan alat pemersatu bagi seluruh bangsa Indonesia.

Yang memiliki arti ‘Bhinneka = Beraneka, berbeda-beda’, ‘Tunggal = satu, siji’, ‘Ika = Itu’, ‘Tan = Tidak’, ‘Hana = ada, ana’, ‘Dharma = Kebenaran’, ‘Mangwa = Mendua, ganda’. Dimana semboyan tersebut memiliki makna meskipun Indonesia beraneka ragam/berbeda-beda tetapi tetap terintegrasi dalam satu kesatuan. Atau yang mungkin sering kita sebut dengan berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Dari arti semboyan negara itulah yang menjadikan Indonesia sampai saat ini tetap bertahan di era globalisasi yang semakin menakutkan, dimana sudah tidak adanya lagi batas-batas antar negara, yang menjadikan siapa saja dapat keluar masuk kedalam negara ini, dan mengingat pula letak Indonesia yang begitu sangat strategi untuk digunakan sebagai tempat persinggahan bagi banyak wisatawan karena indahnya kekayaan yang dimiliki serta jalur strategis perdagangan internasional yang melakukan kegiatan eksport dan import, yang dapat menjadikan Indonesia ini memiliki banyak tantangan sekaligus ancaman.

Dimana tantangan itu dapat berupa bagaimana Indonesia ini dapat bertahan dan tetap menjadi Indonesia yang lebih baik dan mampu membentengi diri dari era globalisasi ini. Sedangkan untuk ancamannya dapat berupa mudah terpecah belahnya Indonesia, karena kita tahu jika melimpahnya kekayaan yang dimiliki Indonesia saat ini dapat menjadikan perebutan bangsa-bangsa lain yang ingin  menguasai Indonesia, apabila masyarakatnya tidak pandai-pandai dalam menjaga, maka akan sangat mudah dipengaruhi dan terprovokasi oleh bangsa asing.

Selain itu, adanya zaman globalisasi ini menjadikan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat yang tak mampu diimbangi oleh sumber daya manusia-Nya. Untuk itu adanya ancaman yang muncul ini menjadikan Indonesia harus mampu menjaga dan membentengi dari segala hal yang  dapat merusak, memecah belah bahkan menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.
Selain ancaman yang disebutkan tadi, juga muncul ancaman yang timbul dari dalam negeri ini sendiri, seperti munculnya daerah-daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia yang diprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang bisa dikatakan berasal dari dalam negeri sendiri maupun dari luar negeri, konflik antar budaya dari setiap daerah, konflik mengenai ras, agama yang belakangan ini sering terjadi dan kita jumpai di negara ini.

Dari beberapa contoh ancaman yang ada, juga sangat dikuatirkan akan adanya gerakan yang bersifat radikalisme dan terorisme yang juga marak terjadi dan tanpa kita sadari ada dan berbaur dengan masyarakat, yang pada dasarnya sangat berbahaya bagi negara ini apabila tidak segera ditindak. Karena tanpa kita sadari jumlah dari mereka akan bertambah semakin banyak bila dibiarkan.

Walaupun demikian, kita sebagai generasi penerus bangsa ini, tidak perlu takut ketika menghadapi itu, kita sebagai generasi penerus harus mampu melawan kemungkinan hal-hal buruk yang nantinya dapat terjadi. Karena kembali lagi pada semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika” yang merupakan kunci dan pemersatu keragaman bangsa Indonesia dari berbagai ancaman yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Dan dengan adanya keaneragaman yang ada ini juga menjadikan sebuah keunikan tersendiri bagi bangsa Indonesia yang bersatu dalam suatu kekuatan dan kerukunan beragama, berbangsa dan bernegara.

Untuk itu kita yang merupakan salah satu bagian dari bangsa Indonesia harus selalu bangga dengan apa yang sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia.
 Karena sejatinya Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, negara yang beruntung, sebab banyak dari mereka yang tak seberuntung Indonesia, hingga tak salah jika Indonesia disebut sebagai surganya kekayaan. Mengapa demikian? karena kita tahu, bahwa di Indonesia ini ditemukan betapa banyak hasil alam yang melimpah ruah yang mungkin akan jarang kita temui dinegara lain, selain itu kekayaan alam seperti hasil tambang, rotan, wisata, peninggalan dan masih banyak lagi, sudah tidak diragukan dan ditanya lagi megenai hal itu.

Bahkan beberapa yang ada pada Indonesia masuk dalam daftar UNESCO yang merupakan warisan budaya dan keajaiban dunia serta asset yang paling menguntungkan dikehidupan ini. Bangga bukan kita sebagai bagian dari bangsa in ?, sudah pasti kita harus bangga dan itu haruslah disyukuri, karena negara lain tak bisa seberuntung Indonesia.

Tetapi, walaupun dengan banyaknya kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, tidak menutut kemungkinan jika sering mengalami banyak perbedaan, kita tahu Indonesia merupakan negara kepulauan dimana banyak sekali pulau-pulau baik kecil maupun besar, yang tersebar dari pulau Sabang sampai dengan Merauke.

Selain wilayah tersebut, keberagaman suku dan budaya, adat istiadat yang dimiliki tiap daerah sudah pasti akan berbeda. Hal ini dapat menyebabkan banyak sekali perbedaan, contoh kecil saja, kita yang dari pulau Jawa, jika berkomunikasi sehari-hari akan berbeda bahasa dengan mereka yang dari pulau Kalimantan. Contoh lain, upacara adat dari Pulau Bali akan berbeda dengan Pulau Sumatera. Dan masih banyak lagi contoh nyata yang sering kita temui.

Melihat beberapa contoh yang disajikan tadi, sudah dapat kita ketahui jika banyak sekali perbedaan yang dimiliki. Namun, semua perbedaan yang ada itu dapat dipersatukan dengan sebuah semboyan yang merupakan ciri khas dari bangsa ini yang mungkin tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Selain Bhinneka Tunggal Ika tadi, salah satu alat yang dapat dijadikan sebagi pemersatu bangsa ini adalah ; 1. Dasar Negara Pancasila, 2. Bendera Merah Putih yang sebagi bendera kebangsaan, 3. Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional dan bahasa persatuan, 4. Lambang Negara yang berupa Burung Garuda, 5. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, 6. Lagu-lagu perjuangan, 7. Pahlawan-pahlawan Nasional, 8. Undang-undang dasar 1945, 9. Teks Proklamasi, 10. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 11. Presiden Pertama Indonesia, 12. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 13. Peninggalan-peninggalan perjuangan bangsa Indonesia, 14. Budaya bangsa Indonesia, 15. Sejarah bangsa Indonesia. Dan masih banyak lagi yang merupakan alat yang dapat mempersatukan kita dari semua perbedaan yang kita miliki.

Untuk itu dengan adanya Bhinneka Tunggal Ika ini, kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia tidak seharusnya melakukan hal-hal yang dapat mengancam persatuan, kita sebagai generasi penerus harus mampu menunjukkan pada dunia, dan para pahlawan kita yang terdahulu bahwa kita bisa, kita mampu.

Mereka para pahlawan bangsa ini yang dulu dengan keras berjuang membela dan berusaha menjadikan Indonesia ini merdeka dengan merebutnya dari tangan penjajah sudah sepatutnya kita beri apresiasi, serta sudah sepantasnya kita menjaga amanat dari para pahlawan dan pendiri bangsa ini. Dan meneruskan perjuangan mereka untuk membangun bangsa dan negara ini adalah tugas dan kewajibn yang seharusnya kita lakukan.

Dengan cara apakah kita bisa melakukannya, banyak hal yang dapat kita lakukan, kita sebagai seorang mahasiswa terutama, yang merupakan penggerak perubahan “Agent Of Change” harus mampu memberikan contoh baik, dengan menunjukkan perilaku positif yang mencerminkan kecintaan terhadap negara ini. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif sehingga mampu memberikan contoh pada mereka.

Untuk itu, mulai dari sekarang kita jaga kutuhan negara ini, jangan sampai  membiarkan mereka, pihak-pihak yang berusaha untuk menghancurkan bangsa ini dengan memecah belah. Kita lawan mereka yang berusaha menyebarkan berita-berita yang dapat merusak persatuuan, dan provokator yang selalu membuat masyarakat menjadi tepecah, kita satukan tekad dan niat, bahwa kita satu kita mampu, karena  kita adalah bagian dari NKRI
Ini yang dibanggakan dan dianamatkan oleh para leluhur bangsa, untuk dapat meneruskan perjuangannya, untuk itu mulai sekarang ini kita bangun jiwa nasionalisme dan patriotisme kita agar dapat mencintai dan mengabdi seutuhnya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Serta mampu membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah Internasional.



0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html