Translate

Minggu, 20 Januari 2019

Kunjungan Perdamaian (Agama Budha ) Vihara Dhamma Jaya Surabaya sebagai Bentuk Toleansi dan Keberagaman Agama


Oleh. Yona Fiharta
(Universitas Negeri Surabaya)

Minggu, 10 November 2018 telah berlangsung kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak kampus khususnya HMJ PMP-KN, dengan tema “Kunjungan Perdamaian” yang dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat yang berebeda, diantaranya adalah : Kunjungan pada Muslim Ahmadiyah di Masjid An Nur Jl. Bubutan 1 No. 2, kunjungan pada kepercayaan Septa Darma di Jemur sari selatan VI No. 30-32 Jemur Wonosari-Wonocolo, kunjungan pada penganut agama Hindu di Pura Agung Jagat Jl. Lumba-lumba NO. 1 Perak Barat Krembangan-Surabaya, dan kunjungan pada penganut agama Budha di Vihara Dhamma Jaya Jl. Bulu Jaya V No. 19-Surabaya.

Dari beberapa tempat yang menjadi agenda kunjungan mahasiswa prodi S1 PPKn ini, yang akan saya bahas adalah kunjungan pada penganut agama Budha yang dilakukan dengan mengunjungi salah satu tempat ibadah penganut agama Budha di Surabaya yaitu di Vihara Dhamma Jaya yang terletak di Jl. Bulu Jaya V No. 19-Surabaya. Kunjungan tersebut di ikuti oleh para mahasiwa yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok. Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan pada pukul 13.30 dari Universitas Negeri Surabaya menuju lokasi.

Dalam kunjungan ini, terdapat beberapa hal baru yang juga dapat menambah pengetahuan, wawasan dan  pengalaman mengenai agama Budha itu seperti apa. Pemberian materi pada saat itu dilakukan oleh Romo Seno Wijaya  dan Romo Widya Kusuma selaku Pengurus Vihara. Dalam penyampain yang diutarakan oleh keduanya sangat bermanfaat bagi peserta kunjungan saat itu, karena selain menambah wawasan dan pengetahuan mengenai agama Budha juga menambah pengalaman bagi para peserta yang mayoritas beragama non Budha.

Jika sebelumnya kita hanya mengetahui secara garis besar mengenai agama Budha. Maka disini, kita banyak memperoleh hal baru yang sebelumnya belum kita ketahui mengenai agama ini. Pada dasarnya agama Budha ini merupakan salah satu agama yang diakui di Indonesia dan merupakan salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia ini. Agama Budha ini merupakan suatu agama yang telah berusia 2540 tahun dan berasal dari anak benua India.  Dan saat ini, sebanyak sekitar 475 juta orang diseluruh dunia menganut agama ini.
Menurut pemateri disana, agama ini mempelajari kitab suci yang biasa mereka sebut dengan “TRIPITAKA” yang memiliki arti tiga keranjang, yang mana diantaranya adalah : 1) Vinaya Pitaka (Peratuan Kebhikkhuan/ Tata tertib), 2) Sutta Pitaka (Babaran Dhamma Sang Budha dan beberapa murid utamanya ), 3) Abhidharmma Pitaka (analisa mendalam ajaran sang Budha), mereka juga menyebutkan jika agama ini merupakan agama yang menjunjung tinggi sebuah perbedaan.
Penganut agama ini menganggap bahwa nasib seorang umat ditentukan oleh pribadi masing-masing, artinya diri sendirilah yang menentukan nasib baik buruk yang ada dalam kehidupan ini. Mereka juga sangat memahami meditasi yang biasanya mereka lakukan.

Meditasi disini jika diartikan dapat dianggap sebagai “Semadi” atau orang Budha menyebut dengan sebutan pengembangan batin (Bhavana). Tujuan dilakukan kegiatan meditasi ini adalah untuk menenangkan diri, mencapai nirwana, dan sebagai suatu jalan langsung diluar pemikiran logika. Selain itu meditasi ini juga dilakuakan untuk menghindari suatu kebencian dan nafsu yang dimiliki oleh masing-masing orang.

Dalam agama ini keyakinan terhadap tuhan dianggap sebagai suatu tujuan dari kehidupan, namun tuhan disini tidaklah mengatur jalannya kehidupan ini, karena mereka menganggap bahwa kehidupan ini yang menentukan adalah masing-masing individu. Namun demikian toleransi yang ditunjukkan oleh penganut agama ini sangat tinggi, tidak dapat dipungkiri jika hubungan masyarakat sekitar yang berbeda agama ini tidak terjadi konflik karena memang mereka saling menghormati dan menghargai apa yang menjadi kepercayaan dan keyakinan masing-masing orang.

Sama seperti agama-agama yang lain, agama Budha ini mengajarkan hal yang baik, dan melarang setiap perbuatan buruk yang berpotensi pada suatu dosa. Sehingga mereka yang menganut agama ini akan cenderung berbuat baik dan meninggalkan apa yang seharusnya ditinggalkan sama seperti yang dilakukan oleh penganut agama lain.  Dalam agama ini, tujuan yang hendak dicapai adalah niwana yang merupakan surga.  Juga sama seperti agama-agama yang lain.

Untuk itu dengan pengalaman dan wawasan serta pengetahuan baru yang didapat dari kegiatan kunjungan ini, sangat diharapkan bagi setiap orang untuk lebih meningkatkan rasa toleransi yang tinggi pada setiap perbedaan. Karena kita tahu bahwa negara kita ini merupakan negara yang penuh dengan keaneragaman yang berwujud pada suatu perbedaan, yang mana tidak hanya mengenai suatu kepercayaan atau keyakinan saja, melainkan hampir semua yang ada pada diri dan daerah memiliki perbedaan. Sehingga sudah sangat benar apabila negara ini memiliki semboyan yang disebut sebagai “BHINNEKA TUNGGAL IKA” yang artinya berbeda-beda namun tetap satu jua.

Sebuah perbedaan yang dimiliki bukan merupakan suatu penghalang untuk hidup dalam kerukunan. Karena setiap bentuk perbedaan ini memiliki sebuah keindahan dan keistimewaan  yang akan sulit kita temui. Kita yang hidup dalam satu negara ini merupakan saudara yang terlahir dinegeri yang sama, jangan sampai hanya karena terdapat satu perbedaan saja, menjadikan kita terpecah belah, yang dapat mengancam keutuhan NKRI ini. Bersatu adalah satu cara dan jalan untuk menghancurkan perdebatan sebuah pebedaan, toleransi adalah sebuah wujud sikap akan kecintaan pada setiap golongan, jadi sangat perlu apabila hal ini dilaksanakan dan diterapkan dikehidupan sehari-hari sebagai umat beagama. MARI KITA HANCURKAN PERBEDAAN, HANYA KARENA BERBEDA GOLONGAN!!!!!!!!

_Terima Kasih_

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html